Pages

Seminar dan Bedah Buku: Gejolak Ekonomi, Kebangkitan Islam dan Gerakan Paderi

29 Juli 2009

Pakan, 11 Oktober 2008 - 14:25:31
As-Sabt, 10 Shawwal 1429 H Kategori

Kapalo Kaba
Ranah-Minang.Com - Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (PUSSIS) Universitas Negeri Medan bekerjasama dengan Penerbit Komunitas Bambu mengadakan seminar dan bedah buku Gejolak Ekonomi, Kebangkitan Islam dan Gerakan Paderi di Minangkabau 1784-1847 Karya Christine Dobbin. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Oktober 2008 mulai jam 09.00 WIB di VIP Room Serbaguna Universitas Negeri Medan.

Buku ini adalah sebuah karya klasik yang menjelaskan mengenai gejolak dan perubahan ekonomi di Minangkabau. Naik-turunnya berbagai produksi dalam negeri seperti lada, emas, dan kopi. Lebih jauh lagi penulis memaparkan munculnya kebangkitan Islam di Minangkabau yang dibawa oleh kaum Padri sepulangnya dari "naik haji" karena gencarnya aliran Wahhabi di Mekkah. Diurai cara-cara kaum Padri menyebarkan ajarannya ke seluruh Minangkabau serta upaya-upaya mereka untuk mempertahankan perdagangan dari pengaruh luar. Termasuk mencermati munculnya aliran-aliran di Minangkabau karena perkembangan Islam.

Seperti dinyatakan oleh Taufik Abdullah, tak pelak lagi Dobbin bukan saja menguraikan dengan baik "sejarah ekonomi" pedalaman Minangkabau sejak abad ke-18 - sesuatu yang sangat sedikit diketahui - tetapi juga faktor-faktor ekonomis yang mendorong proses reformasi agama di pedalaman Minangkabau sebagaimana tercermin dalam gerakan Padri yang pernah dianggap sebagai "pasang naik pertama" dalam perkembangan Islam di Indonesia yang menjadi masalah (kalau tak bisa disebut kontroversi) kini.

Kepala PUSSIS-UNIMED Dr. Phil. Ichwan Azhari, MS mengatakan bahwa "Seminar dan bedah buku ini akan mengupas latar belakang terjadinya perang paderi. Banyak sisi gelap dari perang paderi yang belum diketahui". Ichwan juga menambahkan setelah membaca buku ini akan timbul pertanyaan benarkah perang paderi bukan perang penentang kolonialisme Belanda tapi sekedar perang karena kepentingan ekonomi semata? Buku Dobbin memberikan pendapat yang kontroversial tentang perang yang selama ini dianggap penting dalam sejarah Indonesia.

Peserta yang berminat mengikuti acara ini dapat mendaftarkan diri secara gratis dengan menghubungi panitia: PUSSIS-UNIMED di gedung Lembaga Penelitian Lantai-I Unimed telepon (061) 77800690 atau melalui Fahriizal Fahmi 081396029769

sumber:http://www.ranah-minang.com/

Tidak ada komentar:

 

Recent Posts

Most Reading

Tags

Sidebar One